Senin, 09 Mei 2011

cara menghilangkan bakas jerawat


Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Tradisional

 

Jerawat memang penyakit kulit yang walaupun tidak berbahaya, namun kemunculannya tidak di inginkan – apalagi bagi kaum hawa karena dapat mengurangi kecantikan. Terlebih lagi jika jumlahnya banyak. Setelah jerawat hilang, tetap saja ada efek tidak di inginkan yakni meninggalkan bekas, seperti bopeng atau lubang bekas jerawat, efeknya wajah menjadi tampak kurang cantik.




Noda Bekas Jerawat

Noda bekas jerawat umumnya berwarna merah atau coklat, dan akan sirna atau hilang dengan sendirinya. Perlu di ketahui, jika anda tidak menggaruk pada jerawat atau memencetnya, jerawat tidak akan meninggalkan bekas berupa lobang atau bopeng yang mendalam

Namun jika muncul bekas jerawat, cari yang paling mujarab ialah dengan memaksa tumbuh lapisan kulit wajah yang baru. Untuk itu diperlukan dermabrasi atau teknik laser. Dan kebetulan terdapat sejumlah produk di pasaran yang di peruntukan untuk menumbuhkan kulit baru ini atau dermarbrasi

Namun begitu cara tradisional selalu yang terbaik, walaupun hasilnya lebih lama di banding gunakan teknik dermarbrasi, jika anda lebih memilih cara tradisional untuk mencobanya di rumah, maka ikuti cara-cara berikut ini:

  • Jus Lemon
    Peras lemon, oleskan di wajah 2x sehari. Minum jus lemon sehari sekali.
  • Lidah Buaya
    Ambil jel nya dan oleskan di wajah. Buat jus dan minum sehari sekali.
  • Madu
    Campur madu dan susu, lalu oleskan di wajah dua kali sehari.
  • Air putih
    Minum banyak air putih setiap hari.

one shot "seohyun girl generation"




GEE MAKNAE



Di apartemen SNSD…
Anak2 soshi sedang nyumpul bareng di ruang TV, Tiffany yang baru keluar dari kamar langsung gabung dengan yang lain..
“Eh…perasaan kok Seohyun rada aneh ya..?” tanya Tiffany yang sekamar dengan Seohyun.
“.......................” Ngga ada respon.
Hyoyeon, Sooyoung dan Sunny serius liat Boys Over Flower.
Taeyeon serius smsan ama cowoknya yang ada di Jepang.
Yoona serius ngelamun bakal jadi anak kuliahan.
Yuri dan Jessica serius mesra2an geje.

“HEY DENGERIN DONG!!!” protes Tiffany langsung mematikan TV, ngerampas HP Taeyeon, ngegetok Yoona biar sadar dan langsung duduk diantara Yuri dan Jessica biar ngga ngelakuin aneh2.
“Kalian ini bener2 ngga peduli ya...Seohyun tuch hampir gila tau…!” kesal Tiffany dengan omongan rada di lebay-in.
“Gila gimana?” bingung Taeyeon sambil lirik2 HP-nya yang di pegang ama Tiffany.
“Tau tuch..dari tadi dia terus aja senyum2 ngga jelas, tiap di tanya dia malah nyanyi lagu Gee sambil terus senyum2 gitu..” terang Tiffany.
“ahhh inget....tadi di mobil juga Seohyun kayak gitu..tapi sambil liat2 HPnya..” terang Yoona yang tadi pulang skul bareng Seohyun.
“mungkin Seohyun terlalu senang tuch coz comebacknya kita sukses..” kata Sooyoung yang nyari remote TV di sekitar Tiffany.
“Ngga..feelingku si Seohyun tuch lagi fall in love dech….” Tebak Tiffany.
“HEH!!” kaget yang lain.
“ama siapa…oh tidak..Seohyun..jangan tinggalkan kami…SNSD masih membutuhkanmu…” histeris Sunny, langsung digetok ma Taeyeon.
“emang Seohyun mau kemana..lebay banget sich..” omel Taeyeon.
“gawat..klo ini jadi scandal entar bisa heboh...dan kita makin terkenal...aigooo..mauuuuu...” Hyoyeon langsung break dance ngga jelas.
"Ya ampun..tuch bocah makin aneh aja...Sica ternyata maknae kita dah gede ya..” kata Yuri sambil noel2 Jessica dengan mesra.
“iya..ternyata Seohyun bisa suka ma cowok..q pikir dia bakal pacaran ama boneka keroronya...” tawa Jessica.
“iya syukur..paling ngga Seohyun ngga aneh kayak kalian berdua..” sindir Sooyoung.
“anak kecil diam aja..ini namanya edukasi...” cuek Yuri, Jessica manggut2 setuju sambil nyubit pipi Yuri dengan mesra.

“Trus..kira2 Seohyun suka ma siapa ya..artis ato orang biasa??” tanya Sunny.
“Klo itu sich q ngga peduli..asal ngga bikin heboh kayak kayak seseorang aja...” kata Yuri sambil ngelirik2 leadernya.
“maksudnya apaan tuch..??” Taeyeon langsung melotot.
“aduh omma..jangan marah dong..kan cuma becanda..ati2 entar hipertensi, rematik ma panunya kumat lho..” goda Yuri langsung sembunyi di belakang Tiffany.
“eh..udah2 jangan becanda lagi..gimana klo kita selidikin aja..” usul Sunny.
“ato langsung tanya ke Seohyun..” saut Hyoyeon.
Yang lain mikir...

Tiba2 Seohyun keluar dari kamar dan menuju dapur..
Sepertinya dia sedang berbicara dengan seseorang di HP-nya, tampang Seohyun tampak ceria.
“Gimana klo sekarang...mungkin dia lagi ngobrol ama cowok itu..” bisik Yoona, yang lain manggut2.
Tapi tiba2 ponsel Taeyeon berdering...
“Eh..tuch pasti Junsu oppa..” Taeyeon langsung nyaut HP-nya di Tiffany, tampang Taeyeon langsung berbinar.
“kalian tolong ya..” pinta Taeyeon langsung kabur ke kamarnya.
“dasar omma..gara2 pacar jadi ngga peduli ama anak..udah yukk..” ajak Sunny.

Pelan2 mereka ke dapur dan merhatiin Seohyun yang lagi ngubek2 isi kulkas.
“Iya..tadi aq dah liat..ternyata emang keren..cakep banget...” kata Seohyun seraya meraih air mineral.
“oya..kira2 Junsu oppa bakal terima kadoku ngga ya..?” tanya Seohyun dengan wajah cemas.
Yuri cs yang lagi nguping langsung kaget.
“jadi dah kamu titipin ke Junho oppa...syukur dech..” senang Seohyun seraya menutup kulkas dan kaget ngeliat onnie2nya, begitu juga dengan Yuri cs..
Mereka langsung pasang aksi...
Sooyoung langsung aksi ngelap kaca...
Sunny langsung aksi nyapu lantai...
Yoona langsung aksi ngangkat meja..
Hyoyeon langsung aksi jadi patung selamat datang...
Yuri dan Jessica langsung aksi pelukan..
Tiffany...masih mikir bingung ngapain...


Seohyun hanya senyum coz onnie2nya emang sering aneh, trus balik ke kamarnya dan masih ngobrol di telpon.
“tuh kan..Seohyun lagi suka ma cowok..” kata Yoona yang masih angkat meja.
“aq jadi terharu..Seohyun udah gede...” kata Sooyoung menghapus airmatanya pake lap kaca, tapi langsung bersin2.
“Tapi kalian denger nama cowok itu...?” tanya Yuri dengan tampang serius, yang lain manggut2.

"Tapi..ngga mungkinlah Seohyun suka ma Junsu oppa..” Saut Sunny yang lain manggut2 sambil mikir.
“Tapi klo benar...bisa gawat tuch..” saut Jessica.
“Bener tuch..SNSD bisa terpecah..trus entar Taeyeon onnie milih solo karir..Yoona jadi aktris..Yuri nikah ma Jessica..Tiffany balik ke Amrik..trus...” semua langsung nge-getok kepala Hyoyeon yang asal ngomong.
“Lebay banget sich..” omel Sunny trus balik ke ruang TV.
“iya..pake nyumpahin aq pulang kampung..” protes Tiffany.
“tapi makasih ya..dah doain kami...” senang Yuri seraya meluk Jessica.
Yoona dan Sooyoung langsung ilfeel ngeliat tingkah Yuri dan Jessica yang makin ngga waras.

“Trus kita musti gimana??” tanya Yoona, semua ngumpul lagi di ruang tv.
“Seohyun kasihan banget...sekalinya suka ma cowok eh..ternyata suka ma pacar onnie..” sedih Tiffany.
“Kira2 Taeyeon onnie tau ngga ya..?” tanya Hyoyeon.
“ya ngga taulah..liat aja sikap onnie tadi..”
yang lain manggut2.
“Tapi mungkin aja itu bukan Junsu-nya Taeyeon onnie.. mungkin aja..”
“tapi tadi Seohyun nyebutin Junho oppa..itukan kakak kembarnya Junsu oppa...” saut Yoona cepat.
“gawat..” Jessica makin cemas.
“Seohyun juga nekat banget sich..” gemes Sooyoung.
“Ya..namanya cinta..ngga liat2 mau nempel dimana..” kata Yuri sok puitis sambil ngelirik2 geje ke Jessica.

“Gimana tadi..?” tiba2 Taeyeon keluar dari kamar dan gabung dengan yang lain. Tampang Taeyeon terlihat senang coz abis ngobrol ama Junsu.
“udah tau siapa cowoknya..?” penasaran Taeyeon.
“ehh..itu...” Tiffany bingung.
“kayaknya cowok itu...” tiba2 mulut Hyoyeon dibekap ma Sooyoung, ngebuat Taeyeon heran.
“cowok itu kenapa..?” heran Taeyeon.
Yang lain langsung panik.
“anu..ternyata cowok itu..laki-laki...” jawab Tiffany asal tapi yang lain langsung manggut2 setuju.
Taeyeon langsung ngakak tapi dia maklum coz dongsaeng2nya nich sering ngga normal kayak gini.

“Taeyeon onnie..” Seohyun keluar dari kamar dengan wajah ceria banget
“onnie..boleh tau alamat email Junsu oppa ngga..??” tanya Seohyun langsung duduk di dekat Taeyeon, yang lain langsung bengong ngga percaya.
“buat apa..?” tanya Taeyeon, Seohyun senyum2 malu.
“ada yang mau q titip ke Junsu oppa, mumpung dia lagi di Jepang...” kata Seohyun malu2.
“Ok lagian lusa TVXQ bakal balik ke sini, alamat-nya..”
“JANGANNNNNN!!!!!!” jerit anak2 soshi yang lain ngebuat Seohyun dan Taeyeon kaget.
“kenapa..?” bingung Taeyeon.
Yang lain bingung nyari alasan.
“anu onnie...q ngga mau tempat ini berubah kayak Palestina..” kata Hyoyeon asal ngomong.
“maksudnya..?” bingung Tiffany.
“maksudnya perang antar ibu dan anak..omma ma maknae..” bisik Sunny, Tiffany manggut2.
“Kalian pada kenapa sich..?” heran Taeyeon ngeliat ekspresi yang lain.

“onnie..” Seohyun masih menunggu alamat email Junsu.
“aigoo..kok ngga sabar banget sich..emang mau titip apaan?” goda Taeyeon, wajah Seohyun memerah.
“mau nitip sesuatu buat cowokmu ya..??” tebak Taeyeon asal tapi Seohyun langsung terkejut.
“Jadi bener ya..wah uri dongsaeng dah gede nich..” senang Taeyeon, wajah Seohyun makin memerah.
“siapa tuch cowoknya..?” sidik Taeyeon.
Yuri dan Jessica geleng2 cemas..
Sooyoung langsung nutup kuping...
Tiffany langsung nutup mata...
sunny langsung nutup idung...
Hyoyeon langsung nutup mulut...
Yoona langsung nutup tangan alias berdoa.
..........................................................................

Hening....semua menanti dengan cemas..
“sebenarnya..” Seohyun agak ragu.
“Sebenarnya..dia bukan cowokku...dia hanya..idolaku..” aku Seohyun malu2.
"idola...ja..jadi..cowok itu..artis...?” tanya Sunny makin cemas, Seohyun mangangguk malu.
“dia tuch penyanyi..di salah satu boyband..” kata Seohyun malu2.

“aduh..aq kok jadi mules ya..” gumam Hyoyeon saking tegangnya.
“Seohyun sadarlah..tobatlah..” Yoona langsung berdoa.
“aq sembunyiin pisau dapur dulu..” kata Sunny
“iya..q simpen piring ma gelas dulu..” Tiffany nyusul Sunny
“aq mau ambil popcorn dulu..makin seru nich..” kata Sooyoung.
“terus kita mau ngapain Sica..?” bingung Yuri ngga ada ide.
“ngapain aja asal bisa sama kamu..” jawab Jessica mesra.
“ohh so sweet..” senang Yuri.
“Yuri onnie..sica onnie..tobat..tobat..” Yoona makin serius berdoa.
Sedangkan Taeyeon dan Seohyun bengong bingung ngeliat tingkah teman2nya yang makin aneh.

“Seohyun..” Taeyeon memegang pundak Seohyun.
“jangan kamu tiru kelakuan onnie2mu itu..apalagi Yulsica yang makin ngga waras itu..” pesan Taeyeon dengan mimik yang sangat serius.
Seohyun mengangguk tegas.

Tiba2 ponsel Seohyun berdering...
“Hallo..” jawab Seohyun, semua anak soshi langsung ngeliat si maknae.
“oya..sekarang??dimana??” Seohyun langsung sibuk nyari remote TV.
“onnie..remote tv-nya dimana..?” tanya Seohyun panik.
“Tau tuch tadi di simpen ma Tiffany, kenapa..?emang sekarang jamnya keroro ya..?” heran Jessica, Seohyun geleng2.
“ini..” Yuri nemu remote di dekat sofa.
Seohyun langsung nyari chanel KBS.
Semua heran ngeliat tingkah Seohyun.
“aahhh ketemu..” girang Seohyun masih berbicara dengan seseorang di telpon.
Semua langsung ngeliat TV.
“Wahhh kerennn...” jerit Seohyun histeris ngeliat sekelompok cowok lagi perform di MuBank.
“itukan 2pm..” kata sunny masih megang pisau dapur yang mau di sembunyiin takut di salah gunakan ama Taeyeon, maklum sekarang lagi ngetren pembunuhan mutilasi.

Seohyun menatap serius perform 7 cowok yang lagi ngelakuin akrobat di tengah lagu.
“iya..Junsu oppa keren banget ya..” kata Seohyun ke orang di telpon.
“HEH!!!!!!” semua bengong.
“Lho..emang Junsu oppa pindah ke 2pm ya..?” bingung Hyoyeon belum ngeh.
“tapi Junho oppa juga keren tuch..mirip Rain banget..” kata Seohyun lagi.
“Junho..??” Jessica mencari sosok kakak kembar Junsu di antara personil2 2pm
*sama kayak Hyoyeon belum ngeh ama situasi*

“Ya ampun..ternyata maksudnya itu toch..” Sooyoung langsung nyambung dengan situasi dan maksud Seohyun.
Otomatis Sooyoung langsung ngakak dengan mulut penuh popcorn.
“ada apaan sich..?” bingung Taeyeon.
Anak2 soshi yang lain perlahan mulai nyambung dengan keadaan trus langsung ngakak bareng.

Seohyun menutup telponnya coz 2pm dah selesai perform.
“Onnie..?” Seohyun ngeliat cemas ke Taeyeon coz serem liat anak2 soshi yang lain pada ngakak ngga jelas.
“mereka pada kenapa..?” Seohyun mulai takut, Taeyeon hanya geleng2.

“Seohyun~a..jadi ternyata cowok idolamu tuch si Kim Junsu 2pm ya...?” tanya Sunny di sela tawanya.
Seohyun manggut2 malu+bingung.
“ya ampun..kamu tuch hampir buat aq kena penyakit jantung, kolesterol, diare ama bokek...” saut Sooyoung.
“sebenarnya kalian kenapa sich..?” Taeyeon mulai ngga sabar nunggu penjelasan.
“gini lho onnie..tadi tuch kami mikir klo Seohyun tuch sukanya ama Junsu TVXQ tapi tenyata yang di maksud tuch Junsu 2pm..” terang Yoona setelah nyelesaiin doa syukurnya.
Taeyeon dan Seohyun manggut2 mulai nyambung.
“abis Seohyun pake bawa2 nama Junho oppa sich..” saut Yuri.
“kita ngga kepikir klo 2pm ada nama yang sama juga..” Jessica ngerasa bodoh.
“pantes aja dari tadi onnie semua keliatan aneh dari biasanya..” tawa Seohyun
"Jadi kamu mau nitip sesuatu buat Junsu itu ya...”
Seohyun manggut2
“Oya onnie...entar jangan lupa nitip oleh2 buat kita juga..masa tiap ngasih cuma buat onnie aja...” saut Yuri yang lain manggut.

Akhirnya..
Dalam kubu SNSD ngga jadi terjadi perpecahan...
dan mereka kembali hidup dengan tenang lagi..halah!!!

- End - 


Minggu, 08 Mei 2011

seohyun snsd (girl generation)

(News) Apakah permintaan Simple Seohyun SNSD???


Di MBC “Come To Play” yang ditayangkan 3 Januari lalu, Seohyun SNSD yang dikenal karena karakternya yang jujur mengungkapkan kemandiriannya.
Dia mengatakan ”Saya rasa cara saya menghormati orangtua saya adalah dengan melakukan apapun sendiri. Dari perspektif ibu saya, dia mungkin ingin menjaga putrinya yang kecil dan sibuk sebanyak yang ia bsa, tapi saya mengatakan padanya untuk tidak khawatir mengenai hal ini karena saya bisa melakukannya sendiri. Saya merasa tidak sayang membuatnya lebih kesal karena saya yang memaksa untk dewasa lebih awal.”
Dia melanjutkan, “Tentu saja, hadiah2 fisik lainnya berharga, tapi sebagai putri mereka, saya merasa tumbuh tanpa menjadi fussy itu hadiah yang lebih besar untuk mereka. Saya akan menjadi seorang putri yang bekerja keras dalam meningkatkan dirinya sendiri dan tidak membuat orangtuanya khawatir.”


Merefleksikan respon Seohyun, Yuri berkomentar, “Seohyun akan menjadi anak perempuan yang baik, tapi tidak seperti saya. Dia tau apa yang harus dia lakukan, dimana hal menyenangkan didalamnya?”
Dalam acara ini Sooyoung juga mengungkapkan tentang permintaan lucu Seohyun, dia mengatakan “Tepat setelah debut, Seohyun menyuarakan tentang permintaannya terhadap manajer kami dan permintaannya tak lain dan tak bukan adalah menggunakan Hanbok dan tur ke Kyung-Bok Gong (sebuah istana di Seoul) dengan teman2.”
Terhadap ini Seohyun membalas, “karena kami tidak pernah kesana, suatu hari saya akan pergi (ke istana)”, menunjukkan tekadnya yang bulat. Sementara itu, karakter dan kepribadian Seohyun yan seperti class monitor mengisi studio penuh dengan tawa.

transudat exudat


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Rongga-rongga serosa dalam badan normal mengandung sejumlah kecil cairan. Cairan itu terdapat ump dalam rongga serosa perikardium rongga pleura, rongga perut dan berfungsi sebagai pelumas agar membran-membran yang dilappisi mesontel dapat bergerak tampa geseran. Jumlah itu mungkin bertambah pada beberapa keadaan dan akan berupa transudat atau exudat.
Transudat terjadi sebagai akibat proses bukan radang oleh gangguan kesetimbangan cairan badan (tekanan osmosis,dsb), sedangkan exudat bertalian dengan salah satu proses peradangan.
Pemeriksaan cairan badan yang tersangka transudat atau exudat bermaksud untuk menentukan jenisnya dan sedapat-dapatnya untuk mendapat keterangan tentang causanya.
Dalam praktek sering dijumpai cairan yang sifat-sifatnya sebagaian sifat transudat dan sebagaian lagi sifat exudat, sehingga usaha membedakan antara transudat dan exudat menjadi sukar.
           











BAB II
PEMBAHASAN

A.    Definisi
Transudat
Merupakan penimbunan cairan dalam rongga serosa sebagai akibat karena adanya gangguan keseimbangan cairan (tekanan osmose, statis dan hidrostatik.
Exudat
Merupakan penimbunan cairan yang diakibatkan oleh kenaikan permeabilitas pembuluh darah terhadap protein. Cairan patogen yang berasal dari proses radang serosa :
-          Pleura
-          Peritonium
-          Pericardial
-          Sendi

B.     Mekanisme Pembentukan
Rongga-rongga serosa dalam badan normal mengandung sejumlah kecil cairan yang berfungsi sebagai pergerakkan alat-alat didalam rongga tersebut. Cairan itu terdapat umpama dalam rongga perikardium, rongga pleura, rongga perut dan berfungsi sebagai pelumas agar membran-membran yang dilapisi mesotel dapat bergerak tanpa geseran. Jumlah cairan itu dalam keadaan normal hampir tidak dapat diukur karena sangat sedikit. Jumlah itu mungkin bertambah pada beberapa keadaan dan akan berupa transudat atau eksudat. Didalam rongga serosa dalam keadaan normal terdapat sedikit cairan yang berfungsi sebagai pergerakkan alat-alat didalam rongga tersebut. Dalam keadaan normal cairan bergerak antara pembuluh darah dan cairan extraselular disini terdapat keseimbangan antara tekanan koloid osmotik plasma dan tekanan hidrostatik yang mendorong cairan tetap tinggal dalam pembuluh darah. Tetapi pada keadaan patologis tertentu misalnya :
-          Tekanan hidrostatis meningkat
-          Tekanan koloid osmotik
-          Kenaikan filtrat kapiler dan protein spesies
Keadaan-keadaan tersebut menyebabkan naiknya substansi tertentu dan pengumpulan cairan di extrasellular molekul-molekul kecil seperti air, elektrolit dan kristaloid akan berdifusi secara cepat melewati plasma darah sehingga terjadi penumpukan cairan, proses ini disebut dengan Ultrafiltrasi.
Exudat terjadi karena infeksi bakteri yang mengakibat peningkatan permeabilitas dinding kapiler pembuluh darah. Transudat-exudat dapat terjadi pada:
-          Sindrome nefrotik
-          Sirosis hepatitis
-          Gagal jantung

C.    Fungsi Transudat dan Exudat
Fungsi dari transudat dan eksudat adalah sebagai respon tubuh terhadap adanya gangguan sirkulasi dengan kongesti pasif dan oedema (transudat), serta adanya inflamasi akibat infeksi bakteri (eksudat).
Transudat terjadi sebagai akibat proses bukan radang oleh gangguan kesetimbangan cairan badan (tekanan osmosis koloid, stasis dalam kapiler atau tekanan hidrostatik, kerusakan endotel, dsb), sedangkan eksudat bertalian dengan salah satu proses peradangan.
Bila radang terjadi pada pleura, maka cairan radang juga dapat mengisi jaringan sehingga terjadi gelembung, hal ini misalnya terjadi pada kebakaran. Cairan yang terjadi akibat radang mengandung banyak protein sehingga berat jenisnya lebih tinggi daripada plasma normal. Begitu pula cairan radang ini dapat membeku karena mengandung fibrinogen. Cairan yang terjadi akibat radang ini disebut eksudat. Jadi sifat-sifat eksudat ialah mengandung lebih banyak protein daripada cairan jaringan normal, berat jenisnya lebih tinggi dan dapat membeku. Cairan jaringan yang terjadi karena hal lain daripada radang, misalnya karena gangguan sirkulasi, mengandung sedikit protein, berat jenisnya rendah dan tidak membeku, cairan ini disebut transudat. Transudat misalnya terjadi pada penderita penyakit jantung. Pada penderita payah jantung, tekanan dalam pembuluh dapat meninggi sehingga cairan keluar dari pembuluh dan masuk ke dalam jaringan. Pemeriksaan cairan badan yang tersangka transudat atau eksudat bermaksud untuk menetukan jenisnya dan sedapat-dapatnya untuk mendapat keterangan tentang causanya.
Berbagai jenis eksudat : eksudat ialah cairan dan sel yang keluar dari kapiler dan masuk ke dalam jaringan pada waktu radang. Bila cairan eksudat menyerupai serum darah dan hanya sedikit mengandung fibrin dan sel, maka eksudat bersifat cair sekali dan dinamai eksudat bening/jernih. Eksudat bening sering terjadi pada radang tuberculosis yang mengisi rongga pleura dapat berjumlah satu liter atau lebih. Eksudat fibrinosa mengandung banyak fibrin sehingga melekat pada permukaan pleura, merupakan lapisan kelabu/kuning yang ditemukan pada pneumonia. Mikroskopis eksudat ini mengandung serabut fibrin dan dalam sela – sela diantara serabut ini terdapat sel radang. Eksudat fibrinosa terjadi bila permeabilitas kapiler bertambah banyak, yaitu karena molekul – molekul fibrin besar dapat keluar dari kapiler dan menjadi bagian daripada eksudat. Eksudat purulen ialah eksudat yang terjadi daripada nanah. Nanah ini terjadi pada radang akut yang mengandung banyak sel polinukleus yang kemudian musnah dan mencair karena lisis. Sisa jaringan nekrotik yang mengalami lisis bersama dengan sel polinukleus yang musnah dan limfe radang menjadi cairan yang disebut nanah. Eksudat hemoragik ialah eksudat radang yang berwarna kemerah–merahan karena mengandung banyak eritrosit.

D.    Cara Memperoleh
Transudat dan exudat dengan  punksi. Syarat-syarat punksi:
1.      Sterilitas
2.      Antikoagulan
o   Heparin ( 3U/I)
o   Na2EDTA ( 1mg/ml )

E.     Cara Penampungan
Cairan yang diperoleh ditampung dalam 3 botol penampung:
-          Botol I             : Steril untuk pemeriksaan bakteriologi.
-          Botol II           : Ditambah antikoagulan untuk pemeriksaan rutin.
-          Botol III          : Tanpa antikoagulan untuk pemeriksaan kimia.

F.     Tujuan Punksi
1.      Membantu diagnosa
2.      Untuk meringankan penderita penyakit
Hal-hal yang harus diperhatikan pada waktu punksi:
a.       Pengambilan cairan tidak boleh seluruhnya karena:
o   Untuk menghindar terjadinya shock.
o   Pada cairan asites banyak mengandung protein.
b.      Apabila cairan keruh pengambilan cukup 4-5 cc, sedangkan apabila cairan jernih jumlah pengambilan 200-300 cc.

G.    Hal-hal yang harus diperhatikan
Hal – hal yang harus diperhatikan :
1.      Pengambilan dan pengiriman sampel
o   Pengambilan sampel dilakukan secara pungsi yang berada disetiap rongga tubuh, dibentuk oleh kulit bagian bawah (debris), pengambilan harus dalam keadaan steril baik itu alat ataupun wadah sampel.
o   Pengiriman sampel dalam wadah tertutup rapat, steril, dan diberi etiket yaitu nama, lamanya sakit, waktu pengambilan, jenis peneriksaan yang diminta, Bila yang dikirim berupa preparat etiketnya ditempel dibelakang preparatnya.
2.      Kualitas Reagensia.
o   Reagensia tidak kadaluarsa, disimpan dalam botol coklat, bertutup rapat dan terlindung dari cahaya matahari langsung.
o   Sebelum digunakan sebaiknya disaring terlebih dahulu.
3.      Teknik Pemeriksaan
o   Pemeriksaan sesuai dengan prosedur dan perlu ketelitian
o   Perlu juga diperhatikan alat – alat yang digunakan dalam keadaan bersih dan kering, kondisi alat seperti pipet tidak pecah pada ujungnya begitu juga dengan kamar hitung.
o   Lamanya waktu pewarnaan juga mempengaruhi terhadap sel yang diwarnai, untuk itu pada saat pewarnaan sesuai dengan waktunya.

H.    Pemeriksaan Yang Dilakukan
                                           I.            Tujuan Pemeriksaan
1.      Untuk menentukan jenis cairan yang diperiksa.
2.      Mengusahakan mencari penyebabnya.
                                        II.            Syarat Pemeriksaan
Harus dilakukan dengan cepat karena mudah terjadi disintegrasi, oleh karena itu pemeriksa yang pertama kali dilakukan adalah pemeriksaan citologi.
                                     III.            Macam-macam Pemeriksaan
1.      Macroskopis
2.      Microskopis
3.      Kimia
4.      Bakteriologi
5.      Serologi
1.      Macroskopis
1.1.Jumlah/Volume
Normal         : negatif (-)
Guna            : untuk menentukan luasnya kelainan yang terjadi.
1.2.Warna
Transudat     : Kuning muda
Exudat         : Bermacam-macam tergantung penyebabnya:
§  Hijau                             : bilirubin/icterus
§  Merah                            : darah
§  Putih kekuningan          : pus
§  Putih seperti susu          : chylus
§  Biru kehijauan   : bakteri pyocyanus
1.3.Kekeruhan
Transudat     : jernih dan encer
Exudat         : agak keruh/sangat keruh dan kental
Kekeruhan pada transudat exudat terutama disebabkan oleh:
·         Leukosit            : kekeruhan yang sangat ringan sampai kekeruhan seperti bubur.
·         Eritrosit : kekeruhan yang berwarna kemerah-merahan.
Adanya kekeruhan pada transudat exudat dinyatakan dengan:
·         Serous              
·         Seropurulent
·         Serosanguinis
·         Purulent
·         Putrid
·         Serofibrinus
1.4.Berat Jenis (BJ)
Guna            : untuk menentukan jenis cairan yang diperiksa.
Syarat           : harus dilakukan segera sebelum terjadi Bekuan
Metode        :
·         Apabila cairan sedikit   : refraktometer
·         Apabila cairan banyak  : urinometer
Transudat    : mempunyai Bj 1006-1015 (≤ 1018)
Exudat        : mempunyai Bj 1018-1030 (≥ 1018)
1.5.Bau
Pemeriksaan bau tidak mempunyai makna. Bau busuk biasanya disebabkan oleh:
·         Adanya pembusukan protein
·         Infeksi kuman-kuman anaerob
·         Infeksi oleh kuman Eschericia coli
1.6.Bekuan
Adanya bekuan dinyatakan dengan :
Bekuan biasanya terjadi pada exudat dan tidak terjadi pada transudat karena adanya fibrinogen. Bekuan yang terjadi sangat lambat pada transudat karena kadar fibrinogen yang rendah disebut Fibrinous Swab/Pelicle. 

2.      Microskopis
2.1.Syarat Pemeriksaan
·         Cairan harus jernih atau agak keruh, sedangkan apabila cairan keruh pemeriksaan tidak perlu dilakukan.
·         Pemeriksaan harus dilakukan dengan cepat.

2.2.Macam-macam
a.       Hitung Leukosit
b.      Hitung Jenis Leukosit

a.       Hitung Leukosit
ü  Metode      :
Kamar hitung Improved Neubauer atau  Fuchs Rosenthal.
ü  Tujuan       :
Untuk menghitung jumlah sel lekosit dalam cairan dan mengetahui bahwa sampel cairan tubuh tersebut transudat atau eksudat.
ü  Prinsip                   :
Jumlah sel lekosit dihitung berdasarkan pengenceran dalam larutan Pengencer dan jumlah sel dalam cairan dalam kamar hitung.
ü  Alat                       :
·         Mikroskop
·         Kamar Hitung Improved Neubauer 3 mm x 3 mm x 0,1 mm atau Kamar Hitung Fuchs Rosenthal 4 mm x 4 mm x 0,2 mm.
·         Pipet Lekosit
·         Kaca Penutup
·         Reagensia :  
§  Larutan pengencer NaCl 0,9 %
§  Antikoagulan Natrium Citrat atau Heparin steril.
Bahan Pemeriksaan : Berupa Cairan yang berasal dari rongga perut, pleura, pericardium, sendi, kista, hydrocele, dsb yang didapat dengan mengadakan pungsi.
ü  Prosedur Kerja :
1.      Sampel didapat dengan mengadakan pungsi dan campur dengan antikoagulan.
2.      Kocok dahulu sampel yang akan diperiksa supaya homogen.
3.      Pipet NaCl 0,9 % dengan pipet lekosit sampai tanda 1 tepat.
4.      Pipet sampel sampai tanda 11 tepat.
5.      Kocok agar sampel dan larutan tercampur sempurna minimal 3 X selama +3 menit dengan putaran membentuk angka 8.
6.      Bila segera dihitung buang beberapa tetes larutan dan teteskan pada kamar hitung. Biarkan mengendap 2-3 menit. Dan hitung didalam kamar hitung di bawah mikroskop. Dengan pembesaran sedang (10 X 45), sebanyak 4 kotak besar.
7.      Perhitungan :
1.      Dengan Kamar hitung Improved Neubauer
2.      Jumlah sel lekosit = PDP X TKP X sel lekosit KBH.
Keterangan:
PDP         = Pengenceran dalam pipet
TKP         = Tinggi Kaca Penutup
KBH       = Kotak Besar yang dihitung
3.      Dengan kamar hitung Fuchs Rosenthal
Jumlah sel lekosit dalam 9 kotak = a
Luas permukaan : 3 x 3 mm2 = 9 mm2
Dalam      : 0,2 mm
Isi            : 9 x 0,1 mm3 = 0,9 mm
Dalam 1 mm3 terdapat : 10/9 x a sel
Pengenceran : 10/9 kali
Jadi jumlah sel/1 mm3 = 10/9 x 10/9 x a sel
= 100/81 x a sel = 5/4 x a sel
Catatan :
Kamar hitung dari Fuchs Rosenthal lebih teliti karena volumenya lebih besar. Kalau cairan berupa purulen tidak ada gunanya menghitung jumlah lekosit tindakan ini baiknya hanya dilakukan dengan cairan yang jernih atau yang agak keruh saja. Untuk cairan yang agak keruh, pilih pengenceran yang sesuai. Bahan pengencer sebaiknya larutan NaCl 0,9 % jangan menggunakan larutan turk, karena dapat menyebabkan terbentuknya bekuan dalam cairan. Cairan yang berupa transudat biasanya mengandung kurang dari 500 sel/ul. Semakin tinggi angka itu semakin besar kemungkinan cairan tersebut bersifat eksudat.
b.      Hitung Jenis leukosit :
ü  Metode :
Giemsa atau Wright Stain
ü  Prinsip :
Endapan cairan dibuat hapusan, kemudian diwarnai dengan pewarnaan tertentu (Giemsa/Wright) maka sel lekosit akan mengambil warna zat.Lalu dihitung dibawah mikroskop dengan pembesaran 1000X dalam 100 % sel lekosit.
ü  Tujuan :
Untuk mengetahui jenis sel lekosit dalam cairan/sampel, sehingga dapat menentukan jenis cairan tersebut (transudat/eksudat).
ü  Alat :
§  Objek glass
§  Pipet tetes
§  Pipet ukur
§  Gelas ukur
§  Rak pewarnaan
§  Mikroskop
ü  Reagensia :
§  Giemsa, komposisi :
·         1 gr giemsa
·         100 ml Metanol absolut
·         Wright, komposisi :
o   0,1 gr Wright (digerus)
o   60 ml Methanol absolut
o   Buffer phospat pH 7,2 :
- KH2PO4 6,63 gr
- Na2HPO4 3,2 gr
- Aquades add 1000 ml
·         Persiapan Reagen :
o   Giemsa
o   17 tetes stok larutan giemsa ditambah 5 ml aquades
ü  Prosedur Kerja :
1.      Sediaan apus dibuat dengan cara yang berlain-lainan tergantung sifat cairan itu.
2.      Jika cairan jernih, sehingga diperkirakan tidak mengandung banyak sel, pusinglah 10 Sampai 15 ml sampel 1500 rpm selama 10 menit.
3.      Cairan atas dibuang dan sediment dicampur dengan beberapa tetes serum penderita sendiri lalu dibuat hapusan. Kalau cairan keruh sekali atau purulent, dibuat sediaan apus langsung memakai bahan itu. Jika terdapat bekuan dalam cairan, bekuan itulah yang dipakai untuk membuat sediaan tipis.
4.      Difiksasi dengan metanol selama 2 menit, buang, cuci dengan aquades.
5.      Digenangi dengan zat warna Giemsa atau Wright selama 15 menit, buang sisa zat warna dan cuci dengan aquades, keringkan diudara.
6.      Dihitung jenis sel atas 100-300 sel, di bawah mikroskop dengan pembesaran 1000 X.
7.      Hasil :
Transudat        : Hanya sel mononuklear (limposit)
Eksudat           : Ditemukan sel mononukleaar dan
polimorfonuklear/segmen.
ü  Catatan :
Hitung jenis ini hanya untuk membedakan limposit dan segmen. Hasil hitung jenis dapat memberi keterangan tentang jenis radang, yang menyertai proses radang akut hampir semua sel berupa segment. Semakin tenang proses itu semakin bertambah limpositnya, sedangkan radang menahun menghasilkan hanya limposit saja dalam hitung jenis. Perbandingan banyak sel dalam golongan limposit dan sel polimorponuklear atau segment memberi petunjuk kearah jenis radang yang menyebabkan atau menyertai eksudat.
.
3.      Pemeriksaan Kimia
Macam-macamnya :  
a.       Protein   
b.      Reduksi

a.       PROTEIN
a.       Kualitatif
Metode  : Rivalta
Tujuan    :
Untuk menentukan jenis cairan yang diperiksa.
Prinsip    :
Seromucin yang terdapat dalam exudat dan tidak terdapat dalam  transudat akan bereaksi dengan asam asetat encer membentuk kekeruhan yang nyata.
Cara kerja :
1.      Masukkan 100 ml aquadest kedalam becker glass 100 cc/ 250cc.
2.      Tambahkan 1 tetes asam asetat glasial kemudian campur menggunakan batang pengaduk.
3.      Teteskan 1 tetes cairan yang diperiksa dengan jarak kira-kira 1 cm di atas permukaan cairan.
4.      Amati campuran / tetesan itu bercampur dan bereaksi dengan latar belakang hitam,ada 3 kemungkinan yaitu
a.       Tetesan itu bercampur dan bereaksi tanpa menimbulkan kekeruhan (cairan normal)
b.      Tetesan itu bercampur dan bereaksi dengan menimbulkan kekeruhan ringan atau kabut tipis (hasil + lemah / transudat)
c.       Tetesan bercampur dan bereaksi dengan menimbulkan kekeruhan atau membentuk kabut tebal (hasil + kuat / exudat)
b.      Kuantitatif
Metode     : Esbach
Guna         :
Untuk mengetahui kadar protein dalam cairan
    Transudat : Kadar protein 2,5 g/dl
    Exudat       : Kadar protein 4 g/dl
Cara kerja :
1.      Periksa terlebih dahulu Bj cairan.
2.      Apabila Bj <1010 encerkan 2-5x
Apabila Bj >1010 lakukan pengenceran sebanyak 20x
3.      Kemudian lakukan penetapan cara Esbach seperti pada pemeriksaan protein rutin.
Guna pemeriksaan :
Untuk mendekatkan kadar protein sebanyak 4g/dl,dimana cara ini merupakan cara yang sebaik-baiknya untuk pemeriksaan Esbach.
Dari Bj cairan bersangkutan juga sudah dapat didekati nilai protein dengan rumus :
(Bj – 1007) x 343 = gram protein / 100ml cairan,maka atas perhitungan itu :
Bj 1010 sesuai dengan 1,0 gram protein/100ml
Bj 1015 sesuai dengan 2,5 gram protein/100ml
Bj 1020 sesuai dengan 4,5 gram protein/100ml
Bj 1025 sesuai dengan 6,0 gram protein/100ml
c.       Glukosa
Kadar glukosa di dalam transudat sama seperti plasma,sedangkan  exudat biasanya berisi kurang banyak glukosa teristimewa jika exudat itu banyak mengandung lekosit.
Metode pemeriksaan : Ortho toluidin
d.      Zat lemak
ü  Transudat : tidak mengandung lemak kecuali bercampur dengan chylus.
ü  Exudat       : mengandung lemak karena dinding kapiler dapat ditembus olehnya.
Cara kerja :
1.      Berilah larutan NaOH 0,1 N kepada cairan sehingga cairan menjadi lindi.
2.      Lakukan extrasi dengan ether,jika cairan itu menjadi jernih,putihnya disebabkan oleh chylus.
3.      Jika tidak menjadi jernih,putihnya mungkin disebabkan oleh lecithin dalam keadaan emulsi.
Untuk menyatakan lecithin dilakukan test sebagai berikut :
1.      Encerkan cairan itu 5x dengan etilalkohol 95%
2.      Panasilah berhati-hati dalam bejana air,kalau cairan menjadi jernih putihnya disebabkan oleh lecithin.Untuk lebih lanjut membuktikannya teruskanlah percobaan dengan:
3.      Saringlah cairan yang telah menjadi jernih itu dalam keadaan panas.
4.      Filtratnya ditampung dan diuapkan di atas air panas sampai volume menjadi sebesar semula (sebelum diberi etilalkohol) dan biarkan menjadi dingin lagi.
5.      Kalau menjadi keruh lagi adanya lecithin terbukti kekeruhan itu bertambah kalau diberi sedikit air.

4.      Pemeriksaan Bakteriologi
Pengecatan yang dipakai :
a.Gram
b.Zn
Untuk mencari adanya fungsi :
Letakkanlah satu tetes sedimen atau bahan keatas kaca obyek dan campurkan dengan sama banyak larutan KOH( NaOH) 10%,tutup dengan kaca penutup,biarkan selama 20 menit,kemudian periksa dengan mikroskop.
Pemeriksaan Bakteriologis ( gram stain )
ü  Metode      : Gram
ü  Prinsip       :
Bakteri gram (+) akan mengikat warna ungu dari carbol gentian violet dan akan diperkuat oleh lugol sehingga pada saat pelunturan dengan alkohol 96 % warna ungu tidak akan luntur, sedangkan gram (-) akan Luntur oleh alkohol dan mengambil warna merah dari fuksin
ü  Tujuan :
Untuk mengetahui adanya kuman–kuman dalam sampel sehingga dapat menentukan jenis cairan tersebut apakah transudat atau eksudat
ü  Alat :
1.      Objek Glass
2.      Pipet tetes
3.      Bak dan rak pewarnaan
4.      Mikroskop
ü  Reagensia :
1.      Carbol gentian violet 1 %
2.      Lugol 1 %
3.      Alkohol 96 %
4.      Air Fuchsin 1 %
ü  Prosedur Kerja :
1.      Setetes sampel yang telah disentrifuge dibuat hapusan diatas objekglass, dan dikeringkan.
2.      Diwarnai dengan karbol gentian violet selama 3 menit, dicuci
3.      Ditambah lugol selama 1 menit, dicuci
4.      Ditambah alkohol 96 %selama 30 detik, dicuci
5.      Ditambah air fuchsin selama 2 menit, dicuci dan dikeringkan
6.      Diperiksa di bawah mikroskop dengan pembesaran 1000
ü  Catatan :
Transudat : Tidak ditemukan bakteri.
Eksudat : Ditemukan bakteri
Selain dengan pewarnaan gram, juga bisa dilakukan dengan pewarnaan Ziehl-Neelsen untuk menemukan adanya bakteri clostridium.
Kalau akan mencari fungi (jamur) campur setetes sampel dengan KOH/NaOH 10% diatas objek glass, tutup dengan kaca penutup, biarkan selama 20 menit, kemudian periksa dibawah mikroskop.
Kesimpulan :
Dengan melakukan pemeriksaan mikroskopis antara lain hitung jumlah dan hitung jenis sel lekosit serta adanya bakteri dalam cairan/sampel yang diperiksa, dapat menentukan jenis cairan tersebut apakah transudat atau eksudat, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menegakkan diagnosa.

5.      Pemeriksaan Serologi
§  Comlement Fixation Test : untuk mendiagnosa lues/sifilis
§  Precipitin Test:untuk membantu diagnosa infeksi Echinicoccus

I.       Perbedaan Transudat dan Eksudat

TRANSUDAT
EKSUDAT
Bukan proses radang
Proses radang
Bakteri (-)
Bakteri (+)
Steril
Tidak steril
Warna kuning muda
Warna bermacam-macam
tergantung penyebabnya
Jernih dan encer
Kental dan keruh
Bj 1006-1015 ( <1018)
Bj 1018-1030(>1018)
Tidak menyusun bekuan
Menyususn bekuan
Fibrinigen (-)
Fibrinogen +
Jumlah leukosit <500 sel/ul
Jumlah leukosit >500sel/ul
Kadar protein <2,5 g/dl
Kadar protein >4 g/dl
Kadar glukosa sama dengan plasma darah
Kadar glukosa lebih kecil dari plasmadarah
Zat lemak (-)
Zat lemak (+)
LDH 60 %
LDH 60%
Fibrinogen 300-400mg/dl
Fibronogen 4-6g/dl





















DAFTAR PUSTAKA

1.       http://ripanimusyaffalab.blogspot.com/2010/02/transudat-dan-eksudat.html Di unduh pada tanggal 28 april 2011
2.       Gandasoebrata,R.1968.Penuntun Laboratorium Klinik.Jakarta:Dian Rakyat