Selasa, 14 Juni 2011

MEEGO??????
Apa itu MEEGO??????



MeeGo adalah open source, Linux proyek yang menyatukan proyek Moblin, dipimpin oleh Intel, dan Maemo, oleh Nokia, menjadi aktivitas sumber tunggal terbuka.
MeeGo mengintegrasikan pengalaman dan keterampilan dari dua ekosistem perkembangan yang signifikan, berpengalaman dalam komunikasi dan teknologi komputasi. Proyek MeeGo berpendapat kedua pilar membentuk fondasi teknis untuk platform generasi berikutnya dan penggunaan dalam ruang platform mobile dan perangkat. Proyek MeeGo berpendapat kedua pilar membentuk fondasi teknis untuk platform generasi berikutnya dan penggunaan dalam ruang platform mobile dan perangkat.
MeeGo meliputi:
• Kinerja optimal dan fitur yang memungkinkan pengembangan kaya komputasi dan grafis berorientasi aplikasi dan layanan tersambung
• Tidak ada kompromi-standar internet mendukung memberikan pengalaman web yang terbaik.
• Mudah digunakan, fleksibel dan lingkungan UI kuat / app pembangunan berdasarkan Qt.
• Open source organisasi proyek yang dikelola oleh Yayasan Linux.
• Negara Linux Seni stack dioptimalkan untuk ukuran dan kemampuan platform footprint kecil dan perangkat mobile, tapi linux memberikan kompatibilitas perangkat lunak aplikasi yang luas.


MeeGo saat ini target platform seperti netbook / entry-level desktop, komputer genggam dan perangkat komunikasi, dalam perangkat-kendaraan infotainment, TV, dan telepon media. Semua platform ini memiliki persyaratan pengguna umum dalam komunikasi, aplikasi, dan layanan internet dalam faktor bentuk portabel atau kecil. Proyek MeeGo akan terus memperluas dukungan platform sebagai fitur baru didirikan dan faktor bentuk baru muncul di pasar.



Ikhtisar

MeeGo dimaksudkan untuk berjalan pada berbagai platform perangkat keras termasuk handheld, dalam perangkat-mobil, netbook dan televisi. Semua berbagi platform inti MeeGo, dengan berbagai "Pengalaman Pengguna" ("UX") lapisan untuk setiap jenis perangkat. Persyaratan sistem MeeGo menyediakan dukungan untuk kedua ARM dan prosesor Intel x86 dengan SSSE3 diaktifkan Btrfs dan menggunakan sebagai sistem file standar. User interface dalam proyek MeeGo ada beberapa antarmuka pengguna grafis - internal disebut Pengguna Pengalaman ("UX"). Netbook UX Netbook merupakan kelanjutan dari antarmuka Moblin. Hal ini ditulis menggunakan toolkit Mx Clutter-based, dan menggunakan window manager Mutter.

Versi netbook MeeGo ini menggunakan beberapa aplikasi Linux di latar belakang, seperti Evolution (Email, kalender), Empati (instant messaging), Gwibber (microblogging), Kromium (web browser), dan Banshee (multimedia player), semua terintegrasi ke dalam graphical user interface.

Handset UX Handset didasarkan pada Qt, tapi GTK + dan Clutter akan disertakan untuk memberikan kompatibilitas untuk aplikasi Moblin. Untuk mendukung ratusan aplikasi berbasis Maemo Hildon, pengguna harus menginstal perpustakaan Hildon didukung oleh masyarakat maemo.org . Tergantung pada perangkat, aplikasi akan diberikan baik dari AppUp Intel atau Nokia Ovi sistem distribusi digital perangkat lunak.

The MeeGo Handset UX's "Day 1" prerelease adalah pada tanggal 30 Juni 2010. preview awalnya tersedia untuk platform Intel Mobile Aava Moorestown, dan file 'kickstart' yang disediakan bagi para pengembang untuk membangun gambar untuk Nokia N900.

Tablet Intel menunjukkan UX Tablet pada PC tablet berbasis Moorestown di COMPUTEX Taipei pada awal Juni 2010. Sejak itu beberapa informasi muncul di website MeeGo menunjukkan akan ada Tablet UX bagian dari proyek MeeGo, tetapi tidak diketahui apakah ini UX akan menjadi salah satu ditunjukkan oleh Intel. Ini UX Tablet akan sepenuhnya open source seperti sisa proyek MeeGo dan akan dikodekan dengan Qt dan MeeGo Touch Framework Intel telah mengungkapkan minat dalam menggabungkan Qt dengan server tampilan Wayland bukan. Sering terlihat Qt/X11 kombinasi di MeeGo Touch dalam rangka pemanfaatan teknologi grafis terbaru yang didukung oleh kernel Linux, yang harus meningkatkan pengalaman pengguna dan mengurangi kompleksitas sistem. Persyaratan perangkat keras minimum saat ini tidak diketahui.



The WeTab berjalan MeeGo dengan antarmuka pengguna kustom dan telah tersedia sejak September 2010. Dalam Infotainment-Kendaraan Aliansi GENIVI, sebuah konsorsium dari beberapa pembuat mobil dan mitra industri mereka, menggunakan Moblin dengan Qt sebagai dasar bagi perusahaan GENIVI 1.0 Reference Platform 'untuk In-Vehicle Infotainment (INP) dan sistem navigasi otomotif sebagai platform komputasi mobile berseragam. Graham Smethurst dari GENIVI Aliansi dan BMW Group mengumumkan pada bulan April 2010 beralih dari Moblin ke MeeGo.

Lisensi

MeeGo merupakan proyek yang kompleks yang melibatkan banyak vendor dan organisasi. kebijakan lisensi adalah terutama didokumentasikan di "MeeGo Lisensi Kebijakan" halaman. Pertimbangkan sifat pasar MeeGo penargetan - sektor mobile dan handset - yang, tidak seperti pasar perangkat lunak desktop yang cenderung untuk mengadopsi satu atau dua sistem operasi software vendor utama, adalah sangat beragam dan karenanya diferensiasi diambil sebagai sangat penting oleh para pembuat perangkat dan software vendor. Oleh karena itu kebijakan lisensi MeeGo adalah, di satu tangan, mencoba untuk mendorong pembinaan karya turunan, sementara pada saat yang sama, menjaga proyek seterbuka mungkin.

Dari titik distribusi pandang, MeeGo adalah kumpulan perangkat lunak open source, yang didistribusikan sesuai dengan lisensi masing-masing. Dari sudut pandang pengembangan, yang terutama membahas cara mengadopsi perangkat lunak dari komunitas perangkat lunak bebas pada rekening lisensi, MeeGo perangkat lunak dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori: Sistem Operasi (OS) perangkat lunak dan Pengalaman Pengguna (UX) perangkat lunak. Perangkat lunak OS harus [klarifikasi diperlukan] terutama [menghitung] akan menggunakan lisensi copyleft untuk memastikan keterbukaan dari sistem yang mendasari, sedangkan perangkat lunak UX bisa menjadi lisensi BSD-style, yang tidak mandat modifikasi kode sumber terbuka.
Lisensi dari MeeGo mengembangkan teknologi, seperti cepat-boot, kekuasaan dan optimasi kecepatan yang menarik bagi produk derivatif dan proyek. Teknologi tersebut menyebar di antara sistem dan tidak dapat dengan mudah diisolasi keluar. Sebagai contoh, teknologi cepat-boot sebagian besar terdiri dari yang cepat dan kecil bootloader syslinux, layanan sistem baru dan peluncur perangkat lunak yang disebut "uxlaunch", yang dioptimalkan depan baca-komponen, tweaking kecil dan tuning di antara banyak layanan perangkat lunak. Kebijakan lisensi adalah bahwa perubahan ini harus mengikuti lisensi dasar karya itu di atas mana mereka dibuat, yang mengatakan, kebijakan lisensi hulu proyek terkait. Sebagai contoh, kerja MeeGo di kernel Linux tersedia di bawah lisensi dari kernel Linux.




 Yayasan Teknis
 Core OS

Sistem MeeGo operasi Core merupakan distribusi Linux, menggambar pada Nokia Maemo berbasis Debian dan Intel Moblin Fedora-based. MeeGo adalah salah satu distribusi Linux pertama yang menggunakan sistem file Btrfs sebagai standar dan menggunakan repositori RPM.

Arsitektur Pengembangan perangkat lunak cara resmi didukung untuk mengembangkan aplikasi MeeGo adalah dengan menggunakan kerangka Qt dan Qt Creator sebagai lingkungan pengembangan, tapi aplikasi GTK menulis juga didukung.
 openSUSE Build Service
Digunakan untuk menyusun aplikasi. Derivatif seperti dengan Moblin sebelumnya, MeeGo juga berfungsi sebagai kolam teknologi yang vendor perangkat lunak yang dapat mengakses untuk membangun produk mereka dari. Sejauh ini hanya port dari antarmuka pengguna grafis untuk distro Linux lainnya telah diumumkan.
 MeeGo / harmattan
meskipun MeeGo dimulai sebagai kolaborasi antara Nokia dan Intel, kolaborasi terbentuk ketika Nokia sudah mengembangkan inkarnasi berikutnya dari perusahaan distribusi Linux Maemo. Sebagai hasilnya, Maemo 6 dasar sistem operasi akan tetap utuh sementara UX Handset akan dibagikan, dengan nama berubah menjadi "MeeGo / harmattan".
 SUSE Linux dan Smeegol
Pada 1 Juni 2010 Novell mengumumkan bahwa mereka akan kapal inkarnasi SUSE Linux dengan MeeGo's Netbook UX (MeeGo Pengguna Pengalaman) antarmuka pengguna grafis. Sebuah distribusi Linux MeeGo berbasis dengan user interface yang sudah tersedia dari openSUSE's Goblin Tim dengan nama Smeegol Linux, proyek ini menggabungkan MeeGo dengan openSUSE untuk mendapatkan distribusi Linux baru netbook-dirancang. Apa yang membuat Linux Smeegol unik bila dibandingkan dengan MeeGo hulu atau openSUSE adalah bahwa distribusi ini pada intinya didasarkan pada openSUSE namun memiliki Pengalaman MeeGo Pengguna serta beberapa perubahan lainnya seperti menambah pemain Banshee berbasis Mono media, NetworkManager- powered konfigurasi jaringan, versi terbaru dari Evolusi Express, dan banyak lagi. Setiap pengguna akhir juga dapat membangun sendiri mereka disesuaikan Smeegol Linux OS menggunakan SUSE Studio.
 Fedora
Fedora 14 berisi pilihan perangkat lunak dari proyek MeeGo.
 Linpus
Linpus Technologies bekerja pada membawa layanan mereka di atas MeeGo Netbook dan MeeGo Tablet.
 Splashtop
Versi terbaru dari instan-pada OS-platform Splashtop (dengan Splashtop Inc yang sebelumnya bernama DeviceVM Inc) ini kompatibel dengan MeeGo, dan versi masa depan Splashtop akan didasarkan pada MeeGo dan akan tersedia untuk penggunaan komersial di pertama setengah tahun 2011.

Perencanaan proyek Peluncuran
Nokia mengumumkan pertama MeeGo ponsel Nokia N950 yang akan diluncurkan pada tahun 2011. Pertama tablet MeeGo WeTab berbasis diluncurkan pada tahun 2010 oleh Neofonie.
Pada bulan Februari 2011 Nokia mengumumkan kemitraan dengan Microsoft untuk handset mobile dan keberangkatan tim manajer MeeGo Nokia Alberto Torres, menyebabkan spekulasi untuk partisipasi di masa depan Nokia dalam pengembangan MeeGo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar